Kamis, 07 Februari 2013

Soal Latihan UTS-UAS Logika Matematika

Bagi yang ingin mencari contoh soal latihan UTS-UAS Logika Matematika, bisa dilihat disini

1. Susunlah premis-premis (minimal 2 premis) yang menghasilkan konklusi seperti dibawah ini:
a. Spanyol juara sepak bola Piala Eropa
b. Koruptor bukan pelaku kriminal
c. Mahasiswa Matematika FMIPA UNPAK hebat

2. Bacalah teks di bawa dengan teliti kemudian pisahkan dan susun rangkaian premis dan konklusinya.
”Dan inilah yang benar, orang-orang Athena, yang sungguh-sungguh benar; Tidak ada yang saya sembunyikan, tidak ada yang saya kurangi. Akan tetapi saya tahu bahwa keterus-terangan kata-kata saya menyebabkan saya dibenci oleh mereka dan apa kebencian mereka itu kalau bukan bukti bahwa apa yang saya katakan itu benar?”

3. Deskripsikan proses terjadinya suatu penalaran

4. Berikan contoh bahwa sesuatu yang logis belum tentu benar

5. Berikan 2 contoh kesesatan paralogis dan sofisme

6. Sebutkan dan jelaskan hukum penyimpulan

7. Tulislah kalimat di bawah dengan lambang dengan menggunakan variable proposisional:
a. Orang yang beruang dapat membayar tempat di kelas utama dan mendapat tempat duduk yang enak
b. Jika orang beruang dan dapat membayar tempat di kelas utama, maka ia akan mendapat tempat duduk yang enak
c. Jika orang tidak beruang dan tidak membayar tempat di kelas utama, maka ia tidak akan mendapat tempat duduk yang enak
d. Orang tidak beruang, ia tidak membayar tempat di kelas utama, tetapi ia mendapat tempat duduk yantg enak
e.Jika tidak ada tikus, maka keadaan di rumah tenang, sedang kucing dapat tidur nyenyak
f. Jika ada tikus, maka baik keadaan rumah tidak tenang maupun kucing-kucing tidak dapat tidur nyenyak

8. Buktikan bahwa:
a.
b.
c.
d.
e.

9. Jika ada orang bertanya mengapa negatif kali negatif hasilnya positif, apa penjelasan saudara?

Tidak ada komentar: